Thursday, February 28, 2013

PRC 2013 "BERBAGI UNTUK SAHABAT"


Akhirnya Datang Juga! adalah kata yang cocok untuk menggambarkan ketidaksabaran para peserta menantikan battle Polibatam Robotic Contest 2013 (PRC 2013) yang tahun ini bertemakan “Berbagi Untuk Sahabat”.

PRC 2013 merupakan acara tahunan terbesar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Politeknik Negeri Batam. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 23-24 Februari 2013 ini diikuti oleh 35 Team dengan total 117 peserta.

Dengan mengucapkan lafadz basmalah, acara PRC 2013 yang diadakan dilobby utama Politeknik Negeri Batam, resmi dibuka oleh Bapak Ari Wibowo selaku pembantu direktur III bidang kemahasiswaan.

Sebelum bertanding pada hari Sabtu dan Minggu, para peserta wajib mengikuti Technical Meeting pada hari jum’at tanggal 22 Februari 2013 terlebih dahulu, untuk memperjelas lagi tentang aturan dan syarat-syarat yang harus  dipenuhi oleh para peserta lomba nantinya. Selain itu para peseta juga mengambil nomor urut pertandingan.

Antusias peserta sudah terlihat saat pertandingan di hari pertama, jumlah team yang 35 akan akan mengikut babak penyelisihan yang berupa babak round zone untuk mengikuti babak berikutnya, yaitu battle zone.
Tahun ini tugas yang diberikan kepada peserta cukup unik. Kali ini robot tidak sepenuhnya otomatis yang hanya mengikuti garis dan meletakkan kue begitu saja seperti tahun sebelumnya. Peserta dituntut untuk membuat robotnya dalam dua mode, manual dan otomatis.

Pada area pertama, robot akan disetting manual untuk melewati maze sederhana, meletakkan token dan mengambil cake lalu diarahkan oleh driver dengan joysticknya menuju area otomatis. Saat mencapai check point, robot akan disetting otomatis untuk mengikut garis dan meletakkan cake. Robot yang berhasil pertama kali meletakkan kue dengan sempurna akan mendapat victory.

“Kesulitan para perserta itu sangat terlihat di area pengambilan cake, jalan zigzag dan di tanjakkan”, Kata Aristha Tri Handoko selaku Tim Juri.

Setelah dua hari pertandingan, tidak lebih dari 5 tim yang berhasil mendapatkan victory.


Pertandingan 16 besar dilanjutkan besoknya pada hari minggu. Peserta masih berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk perlombaan PRC ini. Namun pada hari pertandingan kedua ini, pertandingan diselingi dengan penampilan kabaret yg beranggotakan panitia PRC dengan bimbingan Mega Rini dan Diono. Sudah menjadi kewajiban pada setiap lomba PRC menampilkan kabaret dan tarian untuk menghibur peserta PRC setiap tahunnya.

Tepat Setelah shalat ashar, pertandingan Final antara Team GGS Crew dengan Champion Star yang sama-sama berasal dari SMKN 1 dimulai. Final berlangsung cukup mendebarkan, karena team sama-sama kuat dan hebat. Dengan melalui 3 x pertandingan, dikarenakan team memiliki jumlah point yang hampir sama, namun dengan memegang waktu yang tercepat team GGS Crew berhasil mengalahkan team Champion Star dan menjadi juara PRC 2013.

Berikut Nama-nama pemenang PRC 2013 “Berbagi Untuk Sahabat” :
-        Juara I                           : Team GGS Crew ( SMKN 1 Batam)
Nama Pembimbing         : Bpk. Yuni Miranto, S.ST.
Nama Peserta               : Denny Arief Kurnia
                                     : Ghylang Su Jabbar
                                     : Sayed Maulana Iqbal

-        Juara II                        : Team Champion Star (SMKN 1 Batam)
Nama Pembimbing      : Bpk. Yuni Miranto, S.ST.
Nama Peserta              : Agus Karsono
                                    : Tegar Allfi Ariyandy
                                    : Aji Yogayana

-        Juara III                      : Team De_Lhorto 01 (SMKN 1 Batam)
Nama Pembimbing      : Bpk. Robertus Yuni Purnomo, S.Pd.
Nama Peserta              : Arjuna
                                    : Friska Dwi Lisnawati
                                    : Sevilla Febrina

-        Harapan I                    : Team Ber Delta RF (SMAN 1 Batam)
Nama Pembimbing      : Bpk. Hanafi, M.Kom.
Nama Peserta              : Bashid Effendi
                                    : Edo Kesuma Putra
                                    : Refki Audi Buana




Dan tambahan piagam untuk Best Design, Best Spirit, Best Driver, dan Best Strategi, diberikan kepada :
-        Best Design     : Team De_Lhorto 01 (SMKN 1 Batam),
-        Best Spirit       : Team Cyber Coconut (SMA 4 Binaan Karimun),
-        Best driver      : Team RHS Bavaria ( SMAN 1 Batam), dan
-        Best Strategi   : Team SMAN 1 Karimun (SMAN 1 Karimun).

Juara 1 GGS Crew SMKN 1 Batam


Ade (SMA N 4 Binaan Karimun) “kami sangat senang dengan kegiatan ini, kekeluargaannya terasa banget dan seru, ade harap acara ini jangan pernah hilang ya. kalo bisa di tambah lagi pesertanya. atau sampai ke tingkat SMP juga diajak. Tidak Cuma SMA atau SMK aja.”