Thursday, May 10, 2012

Menyabet 4 piala, Tim Robot KRI dan KRCI Polibatam Melaju ke Event Nasional


Sabtu 5 Mei 2012, Tim Robot Politeknik Negeri Batam menyabet 4 piala di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tingkat regional 1 di medan. Tim Barelang 5.2 KRI mendapat 2 piala, juara 1 dan Best Design. lalu Tim Barelang 4.2 KRCI Battle "humanoid" mendapat piala juara 1. Sedangkan Tim Barelang 2.2 KRCI berkaki berhasil menyabet piala Best Inovation.

Berhasil menjuarai KRI dan KRCI, Tentu saja dengan prestasi yang luar biasa ini membawa TIM Barelang 5.2 KRI dan TIM Barelang 4.2 KRCI Battle "Humanoid" untuk menginjakkan kakinya di Bandung mengikuti KRI dan KRCI tingkat nasional.

4 Tim barelang 'merantau' selama 7 hari di kota medan, untuk mengikuti KRI dan KRCI tingkat regional 1 di STMIK Potensi Utama kota Medan. "hari jum'at (4 mei) kami running test simulasi lomba, lalu besoknya (sabtu 5 mei) kontes dimulai", jelas aidil Radhyan.

Pada Divisi KRCI Humanoid Soccer oleh tim Barelang 4.2, usaha keras terbayar dengan berhasil mencetak satu-satunya gol pada kontes KRCI tingkat regional 1 medan ini.Ketegangan terjadi Di Divisi KRI oleh Tim Barelang 5.2, yang hampir kalah melawan tangguhnya Tim KRI dari Universitas Sriwijaya saat semifinal berlangsung, Tim Barelang 5.2 KRI berhasil menjuarai KRI dengan catatan waktu terbaiknya 1 menit 56 detik. sayangnya rekor ini belum menjadi yang terbaik, karena saat ini rekor catatan waktu tertinggi masih di pegang oleh tim KRI dari Universitas Gajah mada yang berhasil mencatat waktu 1 menit 35 detik pada kontes KRI regional 3.



Tentu saja ini menjadi ''pekerjaan rumah'' untuk Tim Barelang 5.2 untuk menghadapi tantangan yang sulit  di KRI nasional nanti, "Alhamdulillah sudah satu langkah berhasil kami lewati, namun saat ini kami masih harus berusaha untuk memperbaiki mekanik dan catatan waktu, ditambah lagi kami juga harus membuat robot kolektor lebih ringan, agar lebih cepat saat mengangkatnya nanti" Muhammad Taufik Hidayatullah - driver robot manual.

Kontes robot KRI dan KRCI tingkat nasional yang akan diadakan pada tanggal 24 juni 2012 ini, mengharuskan Tim robot untuk lebih giat lagi dalam pengerjaan robot mereka.

Bagian yang paling mengharukan adalah ketika Tim barelang 5.2 KRI berhasil memenangkan kompetisi, seluruh mahasiswa dan dosen dari politeknik negeri batam tumpah ruah memenuhi area pertandingan membentangkan kain hitam untuk mengenang almarhum Ronny Hendra, driver robot manual yang kini digantikan oleh Muhammad Taufik Hidayatullah. (_RIP)



Prestasi yang diraih:
Tim Barelang 5.2 KRI juara 1 dan Best Design
Tim Barelang 4.2 KRCI "Humanoid" Juara 1
Tim Barelang 2.2 KRCI Berkaki Best Inovation